Posted in Bumbu, Indonesian Dish, Indonesian food, seafood

Kerang hijau saus padang

Setelah bisa berdamai dengan kerang hijau, saya jadi sering beli kalau lagi grocery shopping ;). Kali ini dibumbui dengan cabe giling yang selalu sedia di kulkas, jadilah bumbu padang a la a la. Sedap banget makan malam dengan masakan ini beberapa hari yang lalu. Saya dan suami sampai nggak berhenti bilang “hmmmm…” di setiap gigitan dan seruputan kuah pedas dari cangkang kerangnya. Wajib dicoba!! πŸ˜‰

img-20160923-wa0018
kerang hijau bumbu padang

Cara merebus kerang

Bahan:

  • 300 gr kerang hijau dengan cangkang
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 buah jeruk limau

Cara:

  1. Cuci cangkang kerang dengan sikat hingga bersih (step ini jangan sampai terlewat ya, kemarin saya terlewat dan akhirnya air rebusan kerang jadi kotor banget dan kerepotan membersihkan kerangnya :()
  2. Rebus air di dalam panci hingga mendidih. Tambahkan jahe dan kunyit dan sudah digeprek (boleh juga diulek). Tambahkan air perasan jeruk limau dan masukkan juga jeruk limau yang sudah diperas tadi.
  3. Rebus kerang hingga semua cangkang terbuka.
  4. Angkat dan tiriskan, lalu siram kerang dengan air dingin.
  5. Lepaskan cangkang kerang yang tidak memiliki daging.

Cara membuat kerang saus padang

Bahan:

  • 1 sdm cabe giling.
  • 1 siung bawang bombay, iris tipis.
  • 2 siung bawang putih, cincang.
  • 1 ruas jari jahe, iris-iris.
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tomat
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay hingga layu dan wangi, tambahkan bawang putih dan jahe lalu tumis hingga wangi.
  2. Masukkan cabe giling dan tumis sebentar, tambahkan saus sambal dan saus tomat.
  3. Tambahkan sedikit air dan masak sebentar. Tambahkan merica, gula dan garam sesuai selera. Koreksi rasa.
  4. Hidangkan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba πŸ˜‰

-Unibee-

Advertisements
Posted in Indonesian food, seafood

Mangut Lele

Dulu, waktu masih kecil (kayaknya pas SMP), ande saya pernah bawa masakan lele berkuah santan dari toko untuk buka puasa. Belinya satu porsi saja. Saya karena tergugah sama aromanya akhirnya minta icip. Masya ALLAH enaknyaaaa… rasanya pengeeen banget minta lagi dan lagi dan lagi dan lagi sampai habis hahahaha.. tapi mengingat itu menu buka puasa ande, saya jadi urung. Tapi enaknya rasa masakan itu masih terbayang-bayang sampai sekarang. Dulu, saya belum begitu pede coba masak menu-menu santan dengan banyak rempah, rasanya too much buat saya. Tapi sekarang, setelah lebih lama menghabiskan waktu di dapur dan mulai berani coba-coba buat masakan bersantan, saya teringat lagi sama resep itu. Obok-obok website dapurmasak dan lihat-lihat ingredients nya, saya baru tahu kalau masakan itu bernama Mangut Lele. Ketemulah sama resep dari ibu ini, dan jatuh cinta.

Mangut Lele
Mangut Lele

Bumbu yang dihaluskan:

8 siung bawang merah

5 siung bawang putih

5 buah cabai merah

1 ruas jari kunyit (dibakar terlebih dahulu)

2 ruas jari kencur

1 ruas jari jahe

1 sdt ketumbar (sangrai)

1/2 sdt merica

 

Bumbu tambahan:

12 buah cabai rawit

1 ruas jari lengkuas (digeprek)

 

Bahan lainnya:

10 ekor lele

4 buah tomat hijau

2 ikat daun kemangi (petik daunnya)

200 ml santan kental (saya pakai kara)

Garam

Gula merah

Gula pasir

 

Cara membuat:

  1. Marinate lele dengan jeruk nipis dan garam, lalu goreng sampai hampir matang.
  2. Tumis bumbu yang dihaluskan, lalu tambahkan lengkuas. Masak sampai matang dan tidak lagi berbau langu.
  3. Masukkan tomat hijau dan cabai rawit, lalu masukkan santan. Jika diperlukan bisa ditambahkan air.
  4. Bumbui dengan garam, gula merah dan gula pasir. Lalu cicipi rasanya, sesuaikan sampai mendapatkan rasa yang diinginkan. Masak sampai mendidih.
  5. Masukkan ikan lele dan kemangi, lalu masak lagi sampai kemangi layu.
  6. Sajikan hangat.

Paling enak dimakan pakai nasi putih hangat. Selamat mencoba πŸ˜‰

 

~Sitty Asiah~

 

 

Posted in seafood

Udang Rempah Goreng Mentega

Herbs shrimp
Udang Rempah Goreng Mentega

Resep yang simple dengan rasa yang nggak kalah dari masakan yang ribet-ribet hehe.. πŸ˜‰ Beberapa hari yang lalu mertua minta bikinin udang goreng mentega. Litterally. Udang dimarinate pakai air jeruk nipis dan garam, truss goreng pakai mentega. Tapi kali ini saya tambahkan rempah2 kering untuk marinatenya. Rasanya? duh.. nggak akan nyesel deh bikin ini. Karena gampang banget, ini harus banget dicoba. Makannya pakai sambal botolan, aaahhh… jadi mauu hahahaha..

Udang Rempah Goreng Mentega

Bahan:

250 gr udang jerbung

1 buah jeruk nipis (atau jeruk lemon)

1 sdt bubuk bawang putih

1 cubitan Basil kering

1 cubitanOregano kering

1 cubitanDill kering

1 cubitan rosemary kering

1 cubitan thyme kering

1 sdt garam

1.5 sdm mentega (tidak bisa diganti dengan butter, karena aroma butter dan mentega berbeda)

1 sdm minyak

Cara membuat:

  1. Buang kepala udang (jangan lepas kulit pada badan udang), lalu cuci bersih udang. Yang dimasak adalah badan udangnya saja, kepala udang bisa disimpan dalam freezer untuk membuat kaldu seafood.
  2. Campur udang dengan perasan jeruk (nipis atau lemon), garam, bubuk bawang putih, dan semua rempah kering. Lalu marinate, paling sebentar selama 5 menit.
  3. Panaskan minyak dan mentega di atas wajan. Setelah mentega mencair, masukkan udang yang sudah dimarinate, bersama dengan air rendamannya (air jeruk dengan rempah). Lalu tutup.
  4. Masak sampai udang berubah warna menjadi merah. Jangan terlalu lama memasak udang, karena udang akan menjadi keras.
  5. Sajikan selagi hangat. Bisa dimakan dengan nasi panas, atau dicemil dengan cocolan sambal botolan.

Pastiiii laku keras πŸ˜‰

 

Selamat mencoba.

~Sitty Asiah~

Posted in Appetizer and Snacks, Chicken, Chinese Food, Dip and Gravy, seafood

Chicken and Shrimp Siomay

Saya suka sekali siomay. Setiap ke pesta nikahan, gubukan pertama yang saya cari pasti siomay (kalau suami pasti kambing guling :P). Sudah lama rasanya punya niatan untuk mencoba masak siomay, tapi ya dasar males udah ngebayangin ribetnya bikin adonan, bungkus-bungkus trus ngukus, jadinya pending-pending aja terus. Tapi kemarin kok ya ndilalah lagi pengen bikin, truss bahan-bahannya pas banget lengkap ada di rumah, truss lagi merasa rajin banget pula. Ya sudah mulai deh tuh diseriusin browsing resepnya dan mendapatkannya di youtube. Yang saya ambil adalah resep dari acara Masterclass, Masterchef Indonesia tahun lalu. Edisi menu buka puasa. Yang memandu acara adalah Chef Juna dan salah satu kontestan yang kalau nggak salah namanya Prisil (atau Pricile?).

Ini dia resepnya..

Chicken and Shrimp Siomay

Chicken and shrimp siomay a la Unibee

Bahan-bahan:

(untuk siomay)

  • 250 gr daging ayam giling
  • 100 gr daging udang cincang (kalau saya kemarin saya giling juga)
  • 5 sdm tepung kanji/sagu/tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 1 butir telur
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 batang daun bawang (iris tipis)
  • 20 kulit pangsit
  • 1/3 batang wortel (diparut)

(Untuk saus kacang)

  • 150 gr kacang tanah goreng
  • 10 buah cabai merah
  • 1 sdm ebi udang kering
  • 4 siung bawang putih
  • 4 lembar daun jeruk
  • Gula merah secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

(siomay)

  1. Rebus air pada panci kukusan dengan api sedang. Jangan lupa bungkus tutup panci dengan kain dapur, supaya air dari uap panasnya nggak menetes ke siomay.
  2. Di dalam mangkuk besar, campur semua bahan menjadi satu lalu aduk dengan tangan sampai tercampur rata. Sudah tidak terlihat lagi tepung yang belum tercampur dengan adonan.
  3. Siapkan kulit lumpia yang sudah jadi (saya memakai merk Finna yang dibeli di supermarket). Usahakan pakai kulit lumpia yang berbentuk kotak.
  4. Pisahkan lembaran kulit lumpia tersebut satu per satu.
  5. Bungkus adonan siomay dengan kulit lumpia sesuai dengan selera. Bisa juga dibungkus berbentuk wonton untuk nantinya digoreng.
  6. Susun adonan siomay yang sudah dibungkus dengan kulit lumpia pada kukusan (yang airnya sudah panas) dan kukus selama kurang lebih 30 menit sampai siomay matang dan kulit lumpia terlihat berubah warna.
  7. Sajikan hangat.
  8. Sebenarnya setelah proses tersebut, jika ingin kamu bisa menggorengnya kembali hingga kulitnya menjadi crispy. I like it more this way πŸ˜‰

(Untuk kuah kacang)

*Saya belum mencoba membuat resep kuah kacang ini, kemarin untuk kuahnya saya pakai sambal pecel yang dibeli jadi. Di bawah ini adalah cara membuat yang kemarin saya lihat di youtube.

  1. Masukkan semua bahan di blender dan blend sampai kacang jadi halus dan semuanya tercampur rata.
  2. Masak adonan kuah ini sebentar hingga rasanya tidak seperti kuah karedok (kalau kata chef Juna)
  3. Sajikan bersama siomay.

The recipe was really worth the try. Rasa siomaynya enak sekali, keluarga saya suka semua. Pesan dari saya, turuti semua takaran yang tercantum di atas, kalau tidak nanti tekstur siomaynya jadi keras.

Have fun in the kitchen πŸ˜‰

Unibee

Posted in Potatoes, seafood

Cumi Saus Tiram

Goreng saus tiram adalah salah satu cara paling sederhana memasak seafood. Belakangan ini saya sedang senang sekali membuat seafood goreng tepung, dimakan dengan saus tartare. Oh iya, minggu lalu saya iseng membeli saus tartare botolan ber-merk Taylor, rasanya nggak enaaaak.. terlalu asam (based on my taste). Memang yah, semua yang diolah sendiri pasti punya cita rasa paling memuaskan. Nggak lagi-lagi deh beli tartare botolan πŸ˜‰

Lalu suatu hari saya Β terlanjur membuat banyak adonan tepung untuk menggoreng, tapi sudah terlalu bosan makan seafood goreng tepung. Jadilah saja saya tetap membuat calamary, tapi lalu saya masak dengan saus tiram. Here goes the recipee:

Cumi Saus Tiram

Bahan:

  • 1/4 kg Cumi (atau udang, kalau tapi nanti judulnya jadi berubah: Udang saung tiram hehehehe… :P) –> goreng cumi / udang dengan tepung, seperti di resep fried calamary ini.
  • 1 siung Bawang bombay –> iris
  • 3 siung bawang putih –> cincang
  • Satu buah kentang –> potong dadu
  • Cabai Merah Besar –> potong serong
  • Daun bawang
  • Garam, merica
  • basil kering

Saus:

  • Saus tiram
  • Kecap asin
  • Kecap inggris
  • Kecap manis

Cara Membuat:

  1. Goreng kentang sampai setengah kering (angkat dan tiriskan)
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  3. Masukkan cabe merah.
  4. Masukkan semua saus dan aduk hingga merata.
  5. Masukkan cumi dan kentang.
  6. Taburi garam, merica, dan basil kering.
  7. Angkat dan sajikan.

Voila.. jadi deh masakan baru. Goodluck in the kitchen πŸ˜€

UniBee

Posted in Dip and Gravy, seafood

Fried Calamari With Tar Tar Sauce

Ingredients for Fried Calamari

  • 1 / 2 pounds squid, clean the skin and cut into a big ring shape.
  • 1 / 2 cup whole milk
  • 1 cup flour
  • 1 / 2 tbsp salt
  • 1 / 2 tbsp pepper
  • Oil for frying

Ingredients for Tar Tar Sauce

  • 3 tbsp mayonnaise
  • 1 tsp mustard
  • 1 tsp lemon juice
  • 1 / 2 onion, finely chopped

How to make fried Calamari

  1. Soak squid that have been cut into liquid milk for 10-15 minutes
  2. Mix the flour with salt and pepper into a large plastic
  3. Put in the squid that have been soaked into aΒ  flour mixture and shake until squid wrapped with flour
  4. Pre-heat the oil in frying pan
  5. Deep-fry the calamari until it’s brown in colour

How to make Tar Tar Sauce

  • Mix mayonnaise, mustard, and lemon juice. Add in chopped onion and stir until evenly mixed.
  • Store in the refrigerator for a few moments until the dough is cold

Serve the tar tar sauce in a bowl, apart from fried calamari. Soooo perfect for a relaxing session with friends during the holidays.

Goodluck on trying πŸ˜‰

UniBee

Posted in Combo package, Dip and Gravy, Potatoes, seafood, Tofu

Combo Lunch

Lunch Combo Package

Yah well, it is actually what i made for breakfast today. But um.. if you see the menu one by one, it is more appropriate for lunch dishes. But.. whatever haha.. πŸ˜€

The menu was:

  • Fried Calamari –> which happen to be too salty because my dad want me to put more salt while i think it was enough. Don’t blame me, he’s the one who put more salt to the batter 😦
  • Fried tofu Chili Salt –> which happen to be too salty either hahaha… OK this one is my fault, so sorry πŸ˜€
  • Home made french fries.
  • Home made vegetable salad –> with gravy.
  • Tar tar sauce –> for the calamary.

Just click to the menu to see the complete recipee πŸ™‚

UniBee