Posted in Bumbu, Indonesian Dish, Indonesian food, seafood

Kerang hijau saus padang

Setelah bisa berdamai dengan kerang hijau, saya jadi sering beli kalau lagi grocery shopping ;). Kali ini dibumbui dengan cabe giling yang selalu sedia di kulkas, jadilah bumbu padang a la a la. Sedap banget makan malam dengan masakan ini beberapa hari yang lalu. Saya dan suami sampai nggak berhenti bilang “hmmmm…” di setiap gigitan dan seruputan kuah pedas dari cangkang kerangnya. Wajib dicoba!! πŸ˜‰

img-20160923-wa0018
kerang hijau bumbu padang

Cara merebus kerang

Bahan:

  • 300 gr kerang hijau dengan cangkang
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 buah jeruk limau

Cara:

  1. Cuci cangkang kerang dengan sikat hingga bersih (step ini jangan sampai terlewat ya, kemarin saya terlewat dan akhirnya air rebusan kerang jadi kotor banget dan kerepotan membersihkan kerangnya :()
  2. Rebus air di dalam panci hingga mendidih. Tambahkan jahe dan kunyit dan sudah digeprek (boleh juga diulek). Tambahkan air perasan jeruk limau dan masukkan juga jeruk limau yang sudah diperas tadi.
  3. Rebus kerang hingga semua cangkang terbuka.
  4. Angkat dan tiriskan, lalu siram kerang dengan air dingin.
  5. Lepaskan cangkang kerang yang tidak memiliki daging.

Cara membuat kerang saus padang

Bahan:

  • 1 sdm cabe giling.
  • 1 siung bawang bombay, iris tipis.
  • 2 siung bawang putih, cincang.
  • 1 ruas jari jahe, iris-iris.
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tomat
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay hingga layu dan wangi, tambahkan bawang putih dan jahe lalu tumis hingga wangi.
  2. Masukkan cabe giling dan tumis sebentar, tambahkan saus sambal dan saus tomat.
  3. Tambahkan sedikit air dan masak sebentar. Tambahkan merica, gula dan garam sesuai selera. Koreksi rasa.
  4. Hidangkan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba πŸ˜‰

-Unibee-

Advertisements
Posted in Bumbu, Chicken, Indonesian Dish, Indonesian food, Potatoes

Dendeng Balado

Masih punya daging kurban di kulkas? yuk, bikin dendeng balado πŸ˜‰

Sejak kecil dulu, saya akrab sekali dengan yang namanya balado. Setiap minggu pasti adaaa saja yang dibalado tersedia di meja makan. Dan di keluarga saya, semua mua bisa dibalado. Seperti waktu baru pindah ke Solo awal tahun ini, bapak saya sebagai bentuk kasih sayang dan kekuatiran anaknya kekurangan lauk hahaha.. memberi saya satu wajan penuh balado. Isinya? ada ikan tuna, cumi asin, udang, kentang dan petai semua campur aduk jadi satu. Dan itu bapak saya yang buat sendiri, sebegitulah akrabnya keluarga kami dengan balado. Jadi sudah sangat wajib menyimpan cabe giling di dalam kulkas, karena balado adalah menu penyelamat kalau sudah malas masak.

Untuk daging dendengnya, saya pakai resep dari kakak ipar. Lebaran kemarin kakak ipar saya masak dendeng balado enak banget, saya langsung catat resepnya πŸ˜‰

Yuk, mulai masak..

20160917_121534
Daging dan kentang yang sudah digoreng

Β Mengolah daging:

  1. Rebus daging utuh (belum diiris-iris) tanpa bumbu apapun. Jangan tambahkan garam terlebih dahulu, karena daging akan alot. Rebus sampai daging matang.
  2. Angkat daging lalu biarkan hingga dingin dan mudah diiris-iris.
  3. Iris daging tipis-tipis melawan serat.
  4. Giling bawang putih (boleh pakai bawang putih bubuk), tambahkan garam, dan jeruk nipis dan sedikit air.
  5. Rendam daging pada adonan bumbu nomor 4 selama kurang lebih setengah sampai satu jam.
  6. Tumbuk daging hingga serat pecah lalu kembalikan pada air rendaman (saya lebih suka daging yang masih belum ditumbuk).
  7. Goreng daging dengan minyak yang belum terlalu panas, perlahan besarkan api. Bila sudah berubah warna, kecilkan api dan goreng sebentar. Angat dan tiriskan.

Mengolah kentang:

  1. Potong kentang sesuai selera.
  2. Goreng hingga kentang matang. Angkat dan tiriskan.
20160917_122928
Daging dan kentang balado

Membuat dendeng balado

Bahan:

  • 2 sdm cabe giling (klik untuk melihat resep cabe giling).
  • 3 siung bawang merah
  • Daun jeruk
  • Jeruk nipis (atau jeruk purut)
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

This slideshow requires JavaScript.

  1. Tumis bawang merah dengan minyak bekas menggoreng daging hingga layu dan wangi.
  2. Masukkan cabe giling lalu tumis sebentar.
  3. Tambahkan daun jeruk dan air perasan jeruk nipis.
  4. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Koreksi rasa.
  5. Masukkan daging dan kentang goreng. Aduk hingga semua daging dan kentang tertutup sambal.
  6. Siap dihidangkan dan dimakan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba πŸ˜‰

-Unibee-

Posted in Bumbu

Cabe Giling

Cabe giling ini selalu tersedia di kulkas saya. Bisa disimpan sampai kurang lebih 1 bulan. Kalau sedang bingung mau masak apa, tinggal keluarkan saja cabe giling ini, maka bahkan telur pun bisa dibalado πŸ˜‰ Atau mau bikin gulai simple pun bisa. Tinggal tumis cabe giling ini dengan lengkuas, serai, daun salam dan asam kandis. Masukkan air dan daging atau ayam, tambahkan santan, jadi deh gulai a la a la πŸ™‚

img-20160917-wa0006
Cabe giling

Bahan:

  • 500 gr cabe merah keriting
  • 20 siung bawang merah
  • garam secukupnya
  • minyak untuk menumis
  • sedikit air

Cara membuat:

  1. Kupas bawang merah. Cuci bersih bawang merah dan cabe keriting.
  2. Iris bawang merah tipis-tipis. Dan potong-potong cabe keriting hingga lebih pendek.
  3. Tumis bawang merah setengah matang, hanya hingga bawang merah layu dan wangi. Angkat dan sisihkan.
  4. Tumis sebentar cabe keriting lalu tambahkan sedikit air (sekitar 10 sdm) dan garam.
  5. Ungkep cabe dengan api sedang sampai air tiris.
  6. Blender semua bahan hingga halus. Simpan di dalam tupperware, tunggu sampai cabe dingin lalu tutup rapat dan masukkan kulkas.

Kalau sudah sedia cabe giling ini di kulkas, memasak balado, gulai, kare dan bumbu padang pun jadi lebih mudah.

Selamat mencoba πŸ˜‰

-Unibee-

 

Posted in Japanese Food

Gyutan Don

20160616_184601
Gyutan don with crispy sunny side up

Gyutan don pernah sangat naik daun beberapa waktu yang lalu. Banyak teman saya posting menu ini di social media mereka dan menuliskan caption yang menggambarkan betapa nikmatnya masakan ini sampai selalu terbayang-bayang dan rasanya ngidaaaam terus setiap saat. Saya, sejujurnya kebingungan melihat foto yang mereka share itu. What is that dish suppose to be? beef teriyaki with rice? ayam bumbu kecap? Setelah googling, barulah saya tahu yang mereka maksud itu adalah lidah sapi. Wow, i was amazed. Lidah sapi bisa dipotong setipis itu dan dimasak model begitu? selama ini pengetahuan saya tentang pengolahan lidah memang cetek sekali. I don’t know what to expect from it. How do i have to proccess it. And how it supposed to taste like. Sampai akhirnya saya harus pindah domisili ke Solo, belum sempat kesampaian mencicipi masakan ini di restoran. It was Korean dish all over again. Jadinya tebak-tebakan rasa aja.

Sampai suatu saat, Chef Yuda Bustara men-share resep ini di youtube channelnya. Saya senang bukan main. Tonton punya tonton, wah.. gampang banget ini resep bikinnya. So, mulai hunting lidah lah saya. Percobaan pertama saya nggak dapet lidah yang sudah di-slice setipis itu di supermaket. Tapi kemarin…

20160616_122025
tadaaaa.. lidah sapi impor yang sudah di-slice tipis

Waktu lagi cari-cari iga sapi, eeeeh.. dia nongol di pelupuk mata. Liat dong harganya, 150 gr for Rp23.700. Ini bisa buat dua porsi. Coba kalau di resto berapa tuh harganya? katanya sih, mahal πŸ˜€

Untuk menguliti lidah sapi yang dijual utuh, kamu bisa lihat di video youtube ini. Untuk memudahkan mengirisnya tipis-tipis, bekukan dulu lidah yang sudah dibersihkan kulit kasarnya tersebut di freezer, baru diiris. Ini memudahkan proses pengirisan.

Resep Gyutan Don

Bahan:

  • 150 gr lidah sapi yang sudah diiris tipis. Untuk lidah yang saya beli, saya memotongnya lagi menjadi 3.
  • 1/2 siung bawang bombay, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 buah cabai merah (boleh besar atau keriting), potong serong
  • 1 sdm bubuk dashi
  • air matang
  • telur ayam kampung

Bumbu marinasi:

  • 1 sdm kaldu jamur, larutkan dengan 1/2 cup air.
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt saus teriyaki
  • 1 sdm minyak wijen
  • gula, garam, merica hitam secukupnya

Cara membuat:

  1. Marinasi lidah dengan bumbu marinasi selama kurang lebih 10 menit, lalu tiriskan lidah dari bumbu rendamannya. Masak sebentar dengan minyak panas sampai lidah berubah sedikit kaku. Angkat.
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai merah hingga wangi.
  3. Tambahkan air rendaman lidah dan bubuk dashi. Masak hingga mendidih.
  4. Masukkan kembali lidah lalu tambahkan air sampai lidah terendam. Kecilkan api dan masak perlahan sampai lidah lembut, sekitar 10 menit. Koreksi rasa dan matikan api.
  5. Membuat telur mata sapi: Panaskan minyak di atas wajan, setelah panas pecahkan telur di atasnya lalu tambahkan garam. Saya, biasanya memecahkan telur di wadah terpisah terlebih dahulu baru menuangkannya ke minyak, untuk menghindari telur yang sudah tidak baik. Tunggu beberapa saat sampai bagian dasar telur terlihat kecoklatan. Sirami bagian atas telur dengan minyak panas di sekeliling telur sampai putih telur terlihat matang. Jangan balik telur kalau ingin kuning telur yang masih setengah matang. Kikis perlahan bagian bawah telur, jangan sampai merobek bagian kuning telurnya. Tiriskan minyak.

Dinamakan gyutan don karena masakan ini disajikan di mangkuk sebagai topping nasi panas. Mata suami saya berbinar-binar waktu saya sajikan masakan ini untuk berbuka kemarin sore. Katanya “kayak di restoran-restoran itu ya, sayang!”. Macam pernah aja kaw nyicipin gyutan don di restoran πŸ˜‰

Selamat mencoba. Good luck πŸ™‚

Posted in Appetizer and Snacks, Potatoes, Soup, Uncategorized

Potato and Corn Cream Soup

whatsapp 4
creamy potato and corn soup

This probably is my most favourite comfort food, this and my creamy tomato soup. Kalau badan rasanya sudah nggak karuan dan mulai berasa mau flu, yang kebayang di kepala (dan lidah) ya soup ini. Kemarin bikin soup ini untuk buka puasa, langsung kepikir untuk share di sini :).

 

Resep Potato and Cream Soup

(untuk 4 porsi)

Bahan:

  • 2 buah kentang berukuran sedang
  • 2 buah jagung manis
  • 1 batang daun bawang berukuran besar (ambil putihnya saja)
  • 1 siung bawang bombay
  • 3 buah sosi sapi atau (daging asap). Saya pakai sosis bernadi dellicious.
  • 400 ml kaldu ayam. Kemarin saya pakai 1 sdm kaldu ayam non msg yang dicampurkan ke 400 ml air. Tapi kalau ada waktu untuk bikin kaldu ayam asli akan lebih enak lagi rasanya.
  • 3 sdm butter
  • 100 ml susu cair
  • Garam
  • Merica halus

Cara Membuat:

  1. Potong kentang menjadi dadu kecil.
  2. Pipil jagung lalu rebus hingga matang. Setelah matang, blender jagung. Sisihkan sedikit jagung pipil.
  3. Iris tipis daun bawang dan cincang bawang bombay.
  4. Potong sosis sapi menjadi dadu kecil.
  5. Panaskan butter hingga meleleh, lalu masukkan daun bawang dan bawang bombay. Masak hingga layu dan tidak lagi berbau langu.
  6. Masukkan sosis dan masak lagi hingga wangi.
  7. Tambahkan kentang dan aduk sebentar.
  8. Masukkan air kaldu ayam dan rebus sampai mendidih. Setelah mendidih kecilkan api lalu tutup. Masak kurang lebih 5-10 menit sampai kentang lunak dan mudah untuk dihancurkan.
  9. Hancurkan kentang dengan garpu atau potato masher (alat yang biasa digunakan untuk menghacurkan kentang saat membuat mashed potato). Masak kembali sebentar.
  10. Tambahkan jagung yang sudah diblender dan jagung pipil dan masak sampai menggelegak. Bumbui dengan garam dan merica lalu koreksi rasa.
  11. Setelah agak menggelegak tambahkan susu cair dan aduk kembali. Masak hingga matang.
  12. Sajikan hangat dengan garlic bread.

There you go, a simple comfort food yang bisa bikin mulut bergumam hmmm… di setiap suapannya πŸ˜‰

Posted in Appetizer and Snacks, Chicken, Japanese Food, Uncategorized

Japanese Gyoza

20150915_155832
Japanese Gyoza

Resep Gyoza

Isi Gyoza:

  • 250 gr daging ayam cincang
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen
  • Garam dan merica secukupnya
  • 1/2 cup air kaldu ayam
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 bonggol kol atau sawi putih
  • 1 genggam kucai
  • 1 batang daun bawang berukuran besar (bagian putihnya saja)

Kulit Gyoza

  • 1 cup tepung terigu
  • 1/3 cup air hangat
  • secubit garam

Cara membuat isi:

  1. Buang tulang kol, lalu cincang halus. Tambahkan garam lalu remas-remas kol dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah 15 menit peras kol dari airnya dan sisihkan.
  2. Campur ayam dengan saus tiram, minyak wijen, kecap asin, garam dan merica. Aduk-aduk sambil dipijat-pijat. Tambahkan air kaldu dan aduk kembali.
  3. cincang kucai, bagian putih daun bawang dan bawang putih.
  4. Campurkan kol, kucai, daun bawang dan bawang putih ke dalam adonan ayam. Aduk merata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.

Cara membuat kulit gyoza:

  1. Campur semua bahan menjadi satu sampai membentuk satu bola adonan. Uleni sampai adonan halus. Potong-potong adonan sebesar bola kelereng. Giling hingga tipis.
  2. Bungkus isian gyoza dengan wrapingsnya hingga habis.
gyoza-collage
How to wrap gyoza, taken from how to wrap gyoza.

Cara memasak gyoza:

  1. Panaskan 1 sdm minyak sayur pada wajan anti lengket.
  2. Susun gyoza dengan bentuk melingkar hingga wajan penuh. Masak sebentar hingga bagian bawah gyoza berwarna coklat.
  3. Tambahkan 1/2 cup air panas lalu tutup wajan. Tunggu beberapa saat sampai air menyusut. Buka tutup wajan dan tambahkan minyak wijen, lalu tutup kembali.
  4. Masak kembali sampai air benar-benar kering dan gyoza matang. Sajikan terbalik di atas piring saji (bagian berwarna coklat menghadap ke atas).

Membuat saus cocolan:

  1. Campurkan 1 sdm kecap asin, 1 sdm cuka dengan 5 sdm air. Tambahkan sedikit gula dan irisan cabai rawit merah.

 

Posted in Uncategorized

Kerang Hijau Saus Tiram

20151124_191013
Kerang Hijau Saus Tiram

Oke, ini judulnya out of comfort zone. Biasanya kalau lihat kerang hijau di pasar atau supermarket, nggak tertarik sama sekali untuk beli. Tapi suatu kali, bosan banget rasanya masak yang itu-itu saja. Waktu lagi ke supermarket lihat kerang hijau kok segar-segar banget. Akhirnya saya nekat beli. Cari referensi ke sana ke mari, jadilah Kerang hijau bumbu saus tiram ini. Ternyata, enak bangeeeet hahaha.. besok-besok boleh juga dimasak pakai bumbu padang :))

Resep Kerang Hijau Saus Tiram

Bahan:

300 gr kerang hijau dengan cangkang

Bumbu untuk merebus kerang:
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit
1 buah jeruk limau

Bumbu untuk menumis:
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, iris.
1 ruas jahe, iris atau cincang

Campur dalam mangkuk kecil:
2 sdm saus tiram
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap inggris
1 sdt kecap asin
1 sdt gula pasir
1 sdt saus tomat
2 sdm air
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
Merebus kerang:

  1. Cuci cangkang kerang dengan sikat hingga bersih.
  2. Rebus air di dalam panci hingga mendidih.
  3. Tambahkan jahe dan kunyit yang sudah diuleg halus. Lalu tambahkan juga air jeruk limau, masukkan juga jeruk bekas perasan ke dalam air rebusan.
  4. Masukkan kerang dan masak hingga cangkang membuka. Kurang lebih 15 menit.
  5. Angkat dan tiriskan air, lalu siram kerang dengan air dingin.
  6. Buka cangkang kerang dan lepaskan salah satu cangkang yang tidak memiliki daging.

    Menumis kerang saus tiram:

  1. Tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan bawang putih dan jahe cincang. Lalu tumis hingga harum.
  2. Tambahkan campuran saus dan tumis sebentar. Kalau bumbu terlalu pekat, tambahkan air. Lalu tambahkan garam dan merica. Koreksi rasa hingga sesuai.
  3. Masukkan kerang lalu tumis hingga bumbu merata.
  4. Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.