Posted in Japanese Food

Gyutan Don

20160616_184601
Gyutan don with crispy sunny side up

Gyutan don pernah sangat naik daun beberapa waktu yang lalu. Banyak teman saya posting menu ini di social media mereka dan menuliskan caption yang menggambarkan betapa nikmatnya masakan ini sampai selalu terbayang-bayang dan rasanya ngidaaaam terus setiap saat. Saya, sejujurnya kebingungan melihat foto yang mereka share itu. What is that dish suppose to be? beef teriyaki with rice? ayam bumbu kecap? Setelah googling, barulah saya tahu yang mereka maksud itu adalah lidah sapi. Wow, i was amazed. Lidah sapi bisa dipotong setipis itu dan dimasak model begitu? selama ini pengetahuan saya tentang pengolahan lidah memang cetek sekali. I don’t know what to expect from it. How do i have to proccess it. And how it supposed to taste like. Sampai akhirnya saya harus pindah domisili ke Solo, belum sempat kesampaian mencicipi masakan ini di restoran. It was Korean dish all over again. Jadinya tebak-tebakan rasa aja.

Sampai suatu saat, Chef Yuda Bustara men-share resep ini di youtube channelnya. Saya senang bukan main. Tonton punya tonton, wah.. gampang banget ini resep bikinnya. So, mulai hunting lidah lah saya. Percobaan pertama saya nggak dapet lidah yang sudah di-slice setipis itu di supermaket. Tapi kemarin…

20160616_122025
tadaaaa.. lidah sapi impor yang sudah di-slice tipis

Waktu lagi cari-cari iga sapi, eeeeh.. dia nongol di pelupuk mata. Liat dong harganya, 150 gr for Rp23.700. Ini bisa buat dua porsi. Coba kalau di resto berapa tuh harganya? katanya sih, mahal πŸ˜€

Untuk menguliti lidah sapi yang dijual utuh, kamu bisa lihat di video youtube ini. Untuk memudahkan mengirisnya tipis-tipis, bekukan dulu lidah yang sudah dibersihkan kulit kasarnya tersebut di freezer, baru diiris. Ini memudahkan proses pengirisan.

Resep Gyutan Don

Bahan:

  • 150 gr lidah sapi yang sudah diiris tipis. Untuk lidah yang saya beli, saya memotongnya lagi menjadi 3.
  • 1/2 siung bawang bombay, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 buah cabai merah (boleh besar atau keriting), potong serong
  • 1 sdm bubuk dashi
  • air matang
  • telur ayam kampung

Bumbu marinasi:

  • 1 sdm kaldu jamur, larutkan dengan 1/2 cup air.
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt saus teriyaki
  • 1 sdm minyak wijen
  • gula, garam, merica hitam secukupnya

Cara membuat:

  1. Marinasi lidah dengan bumbu marinasi selama kurang lebih 10 menit, lalu tiriskan lidah dari bumbu rendamannya. Masak sebentar dengan minyak panas sampai lidah berubah sedikit kaku. Angkat.
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai merah hingga wangi.
  3. Tambahkan air rendaman lidah dan bubuk dashi. Masak hingga mendidih.
  4. Masukkan kembali lidah lalu tambahkan air sampai lidah terendam. Kecilkan api dan masak perlahan sampai lidah lembut, sekitar 10 menit. Koreksi rasa dan matikan api.
  5. Membuat telur mata sapi: Panaskan minyak di atas wajan, setelah panas pecahkan telur di atasnya lalu tambahkan garam. Saya, biasanya memecahkan telur di wadah terpisah terlebih dahulu baru menuangkannya ke minyak, untuk menghindari telur yang sudah tidak baik. Tunggu beberapa saat sampai bagian dasar telur terlihat kecoklatan. Sirami bagian atas telur dengan minyak panas di sekeliling telur sampai putih telur terlihat matang. Jangan balik telur kalau ingin kuning telur yang masih setengah matang. Kikis perlahan bagian bawah telur, jangan sampai merobek bagian kuning telurnya. Tiriskan minyak.

Dinamakan gyutan don karena masakan ini disajikan di mangkuk sebagai topping nasi panas. Mata suami saya berbinar-binar waktu saya sajikan masakan ini untuk berbuka kemarin sore. Katanya “kayak di restoran-restoran itu ya, sayang!”. Macam pernah aja kaw nyicipin gyutan don di restoran πŸ˜‰

Selamat mencoba. Good luck πŸ™‚

Advertisements
Posted in Appetizer and Snacks, Chicken, Japanese Food, Uncategorized

Japanese Gyoza

20150915_155832
Japanese Gyoza

Resep Gyoza

Isi Gyoza:

  • 250 gr daging ayam cincang
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen
  • Garam dan merica secukupnya
  • 1/2 cup air kaldu ayam
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 bonggol kol atau sawi putih
  • 1 genggam kucai
  • 1 batang daun bawang berukuran besar (bagian putihnya saja)

Kulit Gyoza

  • 1 cup tepung terigu
  • 1/3 cup air hangat
  • secubit garam

Cara membuat isi:

  1. Buang tulang kol, lalu cincang halus. Tambahkan garam lalu remas-remas kol dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah 15 menit peras kol dari airnya dan sisihkan.
  2. Campur ayam dengan saus tiram, minyak wijen, kecap asin, garam dan merica. Aduk-aduk sambil dipijat-pijat. Tambahkan air kaldu dan aduk kembali.
  3. cincang kucai, bagian putih daun bawang dan bawang putih.
  4. Campurkan kol, kucai, daun bawang dan bawang putih ke dalam adonan ayam. Aduk merata dan diamkan selama kurang lebih 1 jam.

Cara membuat kulit gyoza:

  1. Campur semua bahan menjadi satu sampai membentuk satu bola adonan. Uleni sampai adonan halus. Potong-potong adonan sebesar bola kelereng. Giling hingga tipis.
  2. Bungkus isian gyoza dengan wrapingsnya hingga habis.
gyoza-collage
How to wrap gyoza, taken from how to wrap gyoza.

Cara memasak gyoza:

  1. Panaskan 1 sdm minyak sayur pada wajan anti lengket.
  2. Susun gyoza dengan bentuk melingkar hingga wajan penuh. Masak sebentar hingga bagian bawah gyoza berwarna coklat.
  3. Tambahkan 1/2 cup air panas lalu tutup wajan. Tunggu beberapa saat sampai air menyusut. Buka tutup wajan dan tambahkan minyak wijen, lalu tutup kembali.
  4. Masak kembali sampai air benar-benar kering dan gyoza matang. Sajikan terbalik di atas piring saji (bagian berwarna coklat menghadap ke atas).

Membuat saus cocolan:

  1. Campurkan 1 sdm kecap asin, 1 sdm cuka dengan 5 sdm air. Tambahkan sedikit gula dan irisan cabai rawit merah.

 

Posted in Chicken, Japanese Food

Chicken Katsudon

Chicken Katsudon
Chicken Katsudon

Ayah! bunda tinggal belajar bikin sushi nih. Abis itu kita nggak perlu lagi makan di sushi tei πŸ˜‰

Sometimes it is sooo ridiculous how easy those dish in restaurants are made. Di hari ulang tahun saya Desember kemarin, kami makan malam di Sushi Tei. Sejujurnya saya bosaaaan sekali ke sana, karena menu yang kami pesan ya itu-itu saja. Salah satu menu wajib adalah salmon belly misoshiru yang surprisingly, if we manage to have all the ingredients, bikinnya ya cuma cemplang cemplung truss rebus sampai mendidih aja. Karena ternyata komposisi bahan-bahannya sudah mengolah diri mereka sendiri menjadi rasa yang gurih dan segar itu. Kalau Chicken Katsudon sebenarnya nggak pernah dipesan di sana, tapi lewat percakapan santai dengan sahabat beberapa waktu lalu saya jadi penasaran banget sama masakan ini. Dan saat itu saya cukup waras untuk berpikir kalau cuma bikin ayam goreng pakai saus soyu, apa susahnya sih? hahahahaha.. ternyata bener banget, sekali bikin langsung sukses πŸ™‚

Chicken Katsudon

Bahan chicken katsu:

1 paha ayam tanpa tulang (boleh dimarinate dengan bumbu marinasi ayam jika mau, atau cukup dengan garam dan merica)

1 sdm tepung terigu

2 sdm panko bread crumb

1/4 butir telur ayam (pecahkan 1 butir telur ayam, ambil 1/4 nya lalu kocok dengan 1 sdt air)

Bahan saus:

1 cup air matang

1/2 butir bawang bombay dipotong wedges

1 sdt dashi stock (dijual dengan kemasan sachet, saya beli di toko bahan kue Laris di Pasmod Bintaro)

1 sdm kecap asin (saya pakai maggy)

1 sdt gula

1 butir telur (bisa juga dicampur dengan sisa telur untuk chicken katsu tadi)

2 lembar daun seledri

Cara Membuat:

  1. Untuk membuat chicken katsu, baluri ayam yang sudah dimarinasi atau dibumbui garam dan merica dengan tepung terigu sampai semua permukaan tertutup tepung. Tepuk-tepuk ayam agar lapisan tepung tidak terlalu tebal. Lalu celupkan ke dalam kocokan telur, lalu baluri dengan panko bread crumb. Deep fry di dalam minyak panas hingga ayam matang dan permukaan ayam terlihat keemasan.
  2. Untuk membuat saus, masukkan air matang ke dalam wajan ceper. Lalu tambahkan dashi stock, kecap asin, dan gula, masak hingga air mendidih. Kecilkan api lalu masukkan bawang bombay dan tutup wajan. Masak hingga bawang bombay matang dan layu.
  3. Besarkan kembali api, lalu masukkan ayam katsu. Siram ayam dengan telur kocok dan tambahkan daun seledri di atasnya, lalu tutup kembali. Masak selama kurang lebih 3 menit sampai telur matang.
  4. Siapkan nasi putih panas di dalam mangkuk, lalu tuangkan ayam beserta kuah dan telur di atasnya. Hidangkan selagi panas.
Resep dicontek dari youtube Cooking With Dog

Selamat mencoba πŸ˜‰

-Sitty Asiah-

Posted in Fish, Japanese Food, Soup, Tofu

Salmon Misoshiru

wpid-20141211_112304.jpg
Salmon Misoshiru

Β Terinspirasi dari salmon belly misoshirunya Sushi Tei, karena merasa pernah beli bumbu misoshiru sachet beberapa waktu yang lalu dan masih belum dikaryakan, akhirnya belilah bahan-bahan lainnya. Masaknya gampang, tinggal cemplung-cemplung bahan, truss rebus sampai mendidih. All of the ingredients provide a rich taste it self.

Salmon Misoshiru
(Porsi 2 orang)

Β Bahan:
1/2 slice salmon fillet (potong2 bite size, sesuai keinginan)
Jamur enoki
Jamur shimeji
1/2 bagian tahu sutra (potong 2 atau 4)
1 sdt miso
2,5 cups air matang
1 sdm kaldu ayam tanpa garam (saya pakai kaldu sultana yang non msg)
1 batang daun bawang (bagian putihnya saja) potong serong
1 batang seledri
Gula dan garam

Cara membuat:
1. Rebus kaldu ayam dan miso dengan air sampai mendidih.
2. Masukkan salmon, jamur, daun bawang dan seledri. Masak sampai salmon matang dan seledri layu.

 

Selamat mencoba πŸ™‚

Unibee

Posted in Cheat, Chicken, Japanese Food

Soyu Ramen (cheat) With Chicken Katsu

Well, the word “cheat” in the title referring to “my own creations”. Adapted from titles that taro Watanabe of runnyrunny999 gave to dishes he made which different with the original version. For examples is when he add potato chips on his Okonomiyaki recipe. Well .. for this time, I will share you my “cheat” Soyu Ramen recipe. A japanese dish with easily find ingredients.

In the original recipe, Japanese people will add konbu kelp, seweed paper, and bonito flakes to make ramen soup. But because the material was somewhat hard to find here in Depok, so i didn’t use it. Someday when I have time to go to farmers market and buy complete ingredients I’ll post the recipe and let you know the differences πŸ™‚

Oh yes, I also use container bowl made of clay. It’s my mom’s property. The bowl was purchased directly in Japan by my aunt.

Here goes the recipee ..

*Instead of ramen, i use a regular egg-noodle. NOT really recommended, because the result is too soggy. Better to use instant noodles.

Inggredients for Ramen Soup

  • 2 tablespoons oil (for sautee)
  • 1 onion (thick slices and separate sheets by sheet
  • 3 cloves garlic
  • 5 tablespoons soy sauce
  • 1 Maggy block (chicken boilon)
  • 1 / 2 tablespoons sugar
  • 2 cups water

Ingredients For Chicken Katsu

  • 1 piece of chicken thigh (seperate the bones)
  • 3 tbsp Sasa seasoning flour (garlic flavor)
  • 4 tbsp really cold water

* Addition: 1 egg (for ramen)

Directions:

  1. Boil noodles until cooked, drain and flush with cold water for the noodles to stop expanding
  2. Mix 1 tbsp Sasa seasoning flour with 1 tbsp cold water, then soak the chicken meat for few minutes
  3. Roll marinated chicken in the flour until perfectly covered. Deep fry chicken in hot oil until it brown in colour. Remove and drain
  4. Heat 2 tbsp oil. Saute garlic and onion until cooked and golden brown
  5. Pour in the water mixed with Maggy block. Add in soy sauce, sugar, and cook until water boils
  6. When water is boiling add in the noodles and whole egg. Boil until the egg cooked (do not stir)
  7. Add chicken Katsu. Serve

Note: I cook soyu sauce directly over the clay bowl.

UniBee