Posted in Bumbu, Indonesian Dish, Indonesian food, seafood

Kerang hijau saus padang

Setelah bisa berdamai dengan kerang hijau, saya jadi sering beli kalau lagi grocery shopping ;). Kali ini dibumbui dengan cabe giling yang selalu sedia di kulkas, jadilah bumbu padang a la a la. Sedap banget makan malam dengan masakan ini beberapa hari yang lalu. Saya dan suami sampai nggak berhenti bilang “hmmmm…” di setiap gigitan dan seruputan kuah pedas dari cangkang kerangnya. Wajib dicoba!! πŸ˜‰

img-20160923-wa0018
kerang hijau bumbu padang

Cara merebus kerang

Bahan:

  • 300 gr kerang hijau dengan cangkang
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 buah jeruk limau

Cara:

  1. Cuci cangkang kerang dengan sikat hingga bersih (step ini jangan sampai terlewat ya, kemarin saya terlewat dan akhirnya air rebusan kerang jadi kotor banget dan kerepotan membersihkan kerangnya :()
  2. Rebus air di dalam panci hingga mendidih. Tambahkan jahe dan kunyit dan sudah digeprek (boleh juga diulek). Tambahkan air perasan jeruk limau dan masukkan juga jeruk limau yang sudah diperas tadi.
  3. Rebus kerang hingga semua cangkang terbuka.
  4. Angkat dan tiriskan, lalu siram kerang dengan air dingin.
  5. Lepaskan cangkang kerang yang tidak memiliki daging.

Cara membuat kerang saus padang

Bahan:

  • 1 sdm cabe giling.
  • 1 siung bawang bombay, iris tipis.
  • 2 siung bawang putih, cincang.
  • 1 ruas jari jahe, iris-iris.
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdm saus tomat
  • Merica bubuk secukupnya
  • Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay hingga layu dan wangi, tambahkan bawang putih dan jahe lalu tumis hingga wangi.
  2. Masukkan cabe giling dan tumis sebentar, tambahkan saus sambal dan saus tomat.
  3. Tambahkan sedikit air dan masak sebentar. Tambahkan merica, gula dan garam sesuai selera. Koreksi rasa.
  4. Hidangkan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba πŸ˜‰

-Unibee-

Advertisements
Posted in Bumbu, Chicken, Indonesian Dish, Indonesian food, Potatoes

Dendeng Balado

Masih punya daging kurban di kulkas? yuk, bikin dendeng balado πŸ˜‰

Sejak kecil dulu, saya akrab sekali dengan yang namanya balado. Setiap minggu pasti adaaa saja yang dibalado tersedia di meja makan. Dan di keluarga saya, semua mua bisa dibalado. Seperti waktu baru pindah ke Solo awal tahun ini, bapak saya sebagai bentuk kasih sayang dan kekuatiran anaknya kekurangan lauk hahaha.. memberi saya satu wajan penuh balado. Isinya? ada ikan tuna, cumi asin, udang, kentang dan petai semua campur aduk jadi satu. Dan itu bapak saya yang buat sendiri, sebegitulah akrabnya keluarga kami dengan balado. Jadi sudah sangat wajib menyimpan cabe giling di dalam kulkas, karena balado adalah menu penyelamat kalau sudah malas masak.

Untuk daging dendengnya, saya pakai resep dari kakak ipar. Lebaran kemarin kakak ipar saya masak dendeng balado enak banget, saya langsung catat resepnya πŸ˜‰

Yuk, mulai masak..

20160917_121534
Daging dan kentang yang sudah digoreng

Β Mengolah daging:

  1. Rebus daging utuh (belum diiris-iris) tanpa bumbu apapun. Jangan tambahkan garam terlebih dahulu, karena daging akan alot. Rebus sampai daging matang.
  2. Angkat daging lalu biarkan hingga dingin dan mudah diiris-iris.
  3. Iris daging tipis-tipis melawan serat.
  4. Giling bawang putih (boleh pakai bawang putih bubuk), tambahkan garam, dan jeruk nipis dan sedikit air.
  5. Rendam daging pada adonan bumbu nomor 4 selama kurang lebih setengah sampai satu jam.
  6. Tumbuk daging hingga serat pecah lalu kembalikan pada air rendaman (saya lebih suka daging yang masih belum ditumbuk).
  7. Goreng daging dengan minyak yang belum terlalu panas, perlahan besarkan api. Bila sudah berubah warna, kecilkan api dan goreng sebentar. Angat dan tiriskan.

Mengolah kentang:

  1. Potong kentang sesuai selera.
  2. Goreng hingga kentang matang. Angkat dan tiriskan.
20160917_122928
Daging dan kentang balado

Membuat dendeng balado

Bahan:

  • 2 sdm cabe giling (klik untuk melihat resep cabe giling).
  • 3 siung bawang merah
  • Daun jeruk
  • Jeruk nipis (atau jeruk purut)
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

This slideshow requires JavaScript.

  1. Tumis bawang merah dengan minyak bekas menggoreng daging hingga layu dan wangi.
  2. Masukkan cabe giling lalu tumis sebentar.
  3. Tambahkan daun jeruk dan air perasan jeruk nipis.
  4. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Koreksi rasa.
  5. Masukkan daging dan kentang goreng. Aduk hingga semua daging dan kentang tertutup sambal.
  6. Siap dihidangkan dan dimakan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba πŸ˜‰

-Unibee-

Posted in Chicken, Indonesian Dish

Ayam Bumbu Kuning

Well just a little announcement, sejak tanggal 3 Maret yang lalu status saya sudah berganti menjadi istri dari Mr. Reza Ihsan yang dulu adalah pacar saya πŸ˜€ Dan post ini hadir karena suatu siang ketika sedang menginap di rumah mertua, saya melihat mbak Acih memasak masakan ini dan langsung ingin mencobanya di rumah. Saya nggak sempet tanya-tanya resepnya sama mbak Acih, jadilah saya bertanya pada sahabat karib oom google; paman youtube.

So, here goes the recipee (based on this recipee)

Ayam Bumbu Kuning (Chicken With Yellow Herbs)

Bahan-bahan

1 ekor ayam (atau bagian paha saja)

1 butir tomat (potong menjadi 8 bagian)

1 cup daun kemangi (buang batangnya)

Lengkuas

Cabe kering / cabe rawit

2 lembar daun salam

1/2 cup air

minyak secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

3 siung bawang putih

1/2 siung bawang bombay

3 butir kemiri

1/2 tsp kunyit bubuk

1 cabe merah

Jahe

garam

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai berbau harum lalu sisihkan.
  2. Masukkan ayam ke dalam wajan dan masukkan bumbu halus yang sudah ditumis hingga harum tadi. Masak sebentar hingga bumbu terlihat berbaur dengan ayam.
  3. Tambahkan 1/2 cup air dan diamkan sejenak. Setelah itu masukkan 2 lembar daun salam dan lengkuas.
  4. Tambahkan tomat dan cabai kering / rawit. Masak hingga kurang lebih 20 menit (if your mom is a healthy freak like mine, yang nggak mau masak pakai ayam broiler, cuma mau pakai ayam kampung, tambahkan waktu memasak ini 10 sampai 15 menit).
  5. Setelah ayam terlihat matang dan bumbu semakin sat, masukkan daun kemangi dan aduk hingga daun layu. Matikan api.
  6. Et voila, sajikan πŸ˜‰
Gampang banget ternyata bikinnya. Sebenarnya hari ini adalah percobaan pertama saya membuat menu ini. Masih banyak hal yang harus diperhatikan, seperti:Β 
  • Jangan sampai kebanyakan menambahkan bubuk kunyit di bumbu halusnya.
  • Jangan tergoda untuk terus menambahkan air, karena daging ayam juga akan mengeluarkan air dan minyak.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan cabe rawit, kalau nggak nanti suami bisa mencri-mencri.

Overall saya puas dengan hasilnya. Kata ande (ibu) saya, kayaknya ini enak juga kalau ayamnya dibakar lagi. Hmm.. patut dicoba πŸ˜‰

Goodluck all in the kitchen.

UniBee

Posted in Chicken, Indonesian Dish, Potatoes

Sambal Goreng Hati

 

voila!! angkat dan sajikan hangat

Ini dia nih resep favourite keluarga saya belakangan ini. Biasanya saya jarang sekali tertarik masak makanan Indonesia yang bersanten. Pasalnya bahan yang diperlukan biasanya buanyak dan ribet. Tapi waktu ditinggal ande umroh beberapa saat yang lalu, otomatis saya dong yang jadi juru masak (setiap harinya) di rumah. Bapak saya bukanlah penggemar masakan-masakan simple yang saya biasa buat. Sebagai Padang sejati kayaknya bapak nggak bisa hidup tanpa cabe dan santan. Ya sudah browsinglah saya masakan-masakan bersantan, dan resep ini yang paling menarik perhatian saya. Saya sudah lupa dapat resepnya dari mana, jadi mohon maaf ya untuk ibu yang resepnya saya tiru ini, saya nggak bisa cantumin link ibu di sini πŸ˜€

Here goes the recipee:

Sambal Goreng Hati

Bahan:

  • 250 gr hati dan rempela ayam (boleh pakai hati sapi juga)
  • 250 gr kentang (potong dadu dan goreng setengah matang)
  • 50 gr kapri (optional, saya nggak pakai)
  • 5 buah cabai merah besar (haluskan)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 8 siung bawang merah (iris tipis)
  • 2 uah cabai merah besar (buang bijinya, lalu iris tipis)
  • 1 ruas lengkuas (memarkan)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 1 sdt garam
  • 200 ml santan (saya pakai kara)

Cara membuat

  1. Tumis bawang merah iris hingga layu, masukkan cabai dan bawang putih halus. Tumis hingga wangi.
  2. Masukkan daun salam, lengkus, dan serai. Aduk rata.
  3. Masukkan hati, aduk dan masak sampai hati berubah warna dan matang. Tuangi santan dan biarkan mendidih.
  4. Masukkan kentang dan cabe iris. Aduk rata.
  5. Angkat dan sajikan.

PENGAKUAN saya baru bisa membedakan mana yang lengkuas dan mana yang jahe setelah membuat masakan ini ehehehehe..:P jadi ya sodara sodara jahe itu warnanya putih, sedangkan lengkuas cenderung pink. Sekian.

UniBee

*simak slide show pembuatannya di bawah

This slideshow requires JavaScript.