Dendeng Balado

Masih punya daging kurban di kulkas? yuk, bikin dendeng balado 😉

Sejak kecil dulu, saya akrab sekali dengan yang namanya balado. Setiap minggu pasti adaaa saja yang dibalado tersedia di meja makan. Dan di keluarga saya, semua mua bisa dibalado. Seperti waktu baru pindah ke Solo awal tahun ini, bapak saya sebagai bentuk kasih sayang dan kekuatiran anaknya kekurangan lauk hahaha.. memberi saya satu wajan penuh balado. Isinya? ada ikan tuna, cumi asin, udang, kentang dan petai semua campur aduk jadi satu. Dan itu bapak saya yang buat sendiri, sebegitulah akrabnya keluarga kami dengan balado. Jadi sudah sangat wajib menyimpan cabe giling di dalam kulkas, karena balado adalah menu penyelamat kalau sudah malas masak.

Untuk daging dendengnya, saya pakai resep dari kakak ipar. Lebaran kemarin kakak ipar saya masak dendeng balado enak banget, saya langsung catat resepnya 😉

Yuk, mulai masak..

20160917_121534
Daging dan kentang yang sudah digoreng

 Mengolah daging:

  1. Rebus daging utuh (belum diiris-iris) tanpa bumbu apapun. Jangan tambahkan garam terlebih dahulu, karena daging akan alot. Rebus sampai daging matang.
  2. Angkat daging lalu biarkan hingga dingin dan mudah diiris-iris.
  3. Iris daging tipis-tipis melawan serat.
  4. Giling bawang putih (boleh pakai bawang putih bubuk), tambahkan garam, dan jeruk nipis dan sedikit air.
  5. Rendam daging pada adonan bumbu nomor 4 selama kurang lebih setengah sampai satu jam.
  6. Tumbuk daging hingga serat pecah lalu kembalikan pada air rendaman (saya lebih suka daging yang masih belum ditumbuk).
  7. Goreng daging dengan minyak yang belum terlalu panas, perlahan besarkan api. Bila sudah berubah warna, kecilkan api dan goreng sebentar. Angat dan tiriskan.

Mengolah kentang:

  1. Potong kentang sesuai selera.
  2. Goreng hingga kentang matang. Angkat dan tiriskan.
20160917_122928
Daging dan kentang balado

Membuat dendeng balado

Bahan:

  • 2 sdm cabe giling (klik untuk melihat resep cabe giling).
  • 3 siung bawang merah
  • Daun jeruk
  • Jeruk nipis (atau jeruk purut)
  • Garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

This slideshow requires JavaScript.

  1. Tumis bawang merah dengan minyak bekas menggoreng daging hingga layu dan wangi.
  2. Masukkan cabe giling lalu tumis sebentar.
  3. Tambahkan daun jeruk dan air perasan jeruk nipis.
  4. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Koreksi rasa.
  5. Masukkan daging dan kentang goreng. Aduk hingga semua daging dan kentang tertutup sambal.
  6. Siap dihidangkan dan dimakan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba 😉

-Unibee-

Leave a comment