Gyutan Don

20160616_184601

Gyutan don with crispy sunny side up

Gyutan don pernah sangat naik daun beberapa waktu yang lalu. Banyak teman saya posting menu ini di social media mereka dan menuliskan caption yang menggambarkan betapa nikmatnya masakan ini sampai selalu terbayang-bayang dan rasanya ngidaaaam terus setiap saat. Saya, sejujurnya kebingungan melihat foto yang mereka share itu. What is that dish suppose to be? beef teriyaki with rice? ayam bumbu kecap? Setelah googling, barulah saya tahu yang mereka maksud itu adalah lidah sapi. Wow, i was amazed. Lidah sapi bisa dipotong setipis itu dan dimasak model begitu? selama ini pengetahuan saya tentang pengolahan lidah memang cetek sekali. I don’t know what to expect from it. How do i have to proccess it. And how it supposed to taste like. Sampai akhirnya saya harus pindah domisili ke Solo, belum sempat kesampaian mencicipi masakan ini di restoran. It was Korean dish all over again. Jadinya tebak-tebakan rasa aja.

Sampai suatu saat, Chef Yuda Bustara men-share resep ini di youtube channelnya. Saya senang bukan main. Tonton punya tonton, wah.. gampang banget ini resep bikinnya. So, mulai hunting lidah lah saya. Percobaan pertama saya nggak dapet lidah yang sudah di-slice setipis itu di supermaket. Tapi kemarin…

20160616_122025

tadaaaa.. lidah sapi impor yang sudah di-slice tipis

Waktu lagi cari-cari iga sapi, eeeeh.. dia nongol di pelupuk mata. Liat dong harganya, 150 gr for Rp23.700. Ini bisa buat dua porsi. Coba kalau di resto berapa tuh harganya? katanya sih, mahal😀

Untuk menguliti lidah sapi yang dijual utuh, kamu bisa lihat di video youtube ini. Untuk memudahkan mengirisnya tipis-tipis, bekukan dulu lidah yang sudah dibersihkan kulit kasarnya tersebut di freezer, baru diiris. Ini memudahkan proses pengirisan.

Resep Gyutan Don

Bahan:

  • 150 gr lidah sapi yang sudah diiris tipis. Untuk lidah yang saya beli, saya memotongnya lagi menjadi 3.
  • 1/2 siung bawang bombay, iris tipis
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 buah cabai merah (boleh besar atau keriting), potong serong
  • 1 sdm bubuk dashi
  • air matang
  • telur ayam kampung

Bumbu marinasi:

  • 1 sdm kaldu jamur, larutkan dengan 1/2 cup air.
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt saus teriyaki
  • 1 sdm minyak wijen
  • gula, garam, merica hitam secukupnya

Cara membuat:

  1. Marinasi lidah dengan bumbu marinasi selama kurang lebih 10 menit, lalu tiriskan lidah dari bumbu rendamannya. Masak sebentar dengan minyak panas sampai lidah berubah sedikit kaku. Angkat.
  2. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai merah hingga wangi.
  3. Tambahkan air rendaman lidah dan bubuk dashi. Masak hingga mendidih.
  4. Masukkan kembali lidah lalu tambahkan air sampai lidah terendam. Kecilkan api dan masak perlahan sampai lidah lembut, sekitar 10 menit. Koreksi rasa dan matikan api.
  5. Membuat telur mata sapi: Panaskan minyak di atas wajan, setelah panas pecahkan telur di atasnya lalu tambahkan garam. Saya, biasanya memecahkan telur di wadah terpisah terlebih dahulu baru menuangkannya ke minyak, untuk menghindari telur yang sudah tidak baik. Tunggu beberapa saat sampai bagian dasar telur terlihat kecoklatan. Sirami bagian atas telur dengan minyak panas di sekeliling telur sampai putih telur terlihat matang. Jangan balik telur kalau ingin kuning telur yang masih setengah matang. Kikis perlahan bagian bawah telur, jangan sampai merobek bagian kuning telurnya. Tiriskan minyak.

Dinamakan gyutan don karena masakan ini disajikan di mangkuk sebagai topping nasi panas. Mata suami saya berbinar-binar waktu saya sajikan masakan ini untuk berbuka kemarin sore. Katanya “kayak di restoran-restoran itu ya, sayang!”. Macam pernah aja kaw nyicipin gyutan don di restoran😉

Selamat mencoba. Good luck🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s