Steamed Chicken Rice

Pertama kali lihat resep ini di youtube Maangchi saya langsung jatuh hati. Indra penciuman dan perasa saya seolah menangkap aroma dan rasa yang disajikan teman Maangchi dari Singapore itu. Saya sempat mencoba resep tersebut dengan patuh pada semua bahan-bahan yang dicantumkan di blog. Namun ada beberapa hal yang saya kurang suka, maka pada percobaan kedua ini saya eliminasi beberapa bahan dan hasilnya, I LOVE IT! IT WAS SO GOD *kalo kata Sophia Grace*

Anyway.. here goes the recipee..

Steamed Chicken Rice

Steamed Chicken Rice a la Unibee Kitchen

Bahan untuk ayam dengan rendaman:

  • Ayam (saya pakai chicken wings, beli satu paket di bellmart)
  • 1,5 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 cubitan merica
  • Rendam semua bahan 3-6 jam. Lebih baik lagi kalau direndam semalaman.
Bahan lainnya:
  •  5-8 jamur shiitake kering, rendam dalam air panas selama kurang lebih 30 menit hingga jamur lembut, lalu potong kotak kecil.
  • 2 sdm air rendaman jamur.
  • 2 cup kol yang sudah diiris tipis.
  • 1 ruas jari jahe
  • 4 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 sdm kaldu ayam gell.
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 cups beras dengan butiran panjang (saya pakai beras rojolele).
  • Garam secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Pada wajan besar (wok) panaskan 2 sdm minyak goreng. Masukkan jahe, lalu bawang putih. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan ayam yang sudah di-marinate, bersama dengan saus rendaman. Masak hingga ayam berubah warna.
  3. Tambahkan jamur dan kol. Masak hingga kol sedikit layu.
  4. Masukkan beras dan air rendaman jamur. Aduk hingga semua bahan tercampur. Matikan api.
  5. Pindahkan semua bahan (yang ditumis di wok) ke dalam rice cooker. Tambahkan 2,5 cups air mentah dan kaldu ayam gell. Tambahkan kecap asin dan garam untuk rasa.
  6. Masak hingga nasi matang. Angkat dan sajikan dengan telur rebus atau telur asin.

Made this for break fasting, saya sampai nambah dua kali. Besok harinya saya bawa ke sekolah buat makan siang, salah satu teman suka banget sampai nggak selera sama makan siangnya saat itu.😛

Read the original recipee here and watch the tutorial here.

Leave a Reply

