Tomato Soup

Salah satu makanan kesukaan saya adalah sup. Saat saya merasa mulai nggak enak badan ~terutama flu~, sup adalah makanan pertama yang terlintas di pikiran saya. Dan saat itu, saat pertama kali membawa sup tomat ini ke sekolah juga begitu. Sudah berhari-hari saya merasa kurang enak badan, langsung saja mampir ke supermarket dan belanja bahan-bahan membuat sup tomat.

Pizza hut adalah resto yang berjasa memperkenalkan saya dengan sup tomat. Saat Azizah, adik saya bercerita kalau ada menu baru Pizza Hut adalah Sup pastry tomat saya langsung penasaran. Is it possible to make a soup from tomato? how will it taste? and it turns out really goooodd.. Sejak itu sup tomat menjadi sup favourite saya.

Dan post ini saya buat untuk teman saya Audrey yang mengatakan soup buatannya nggak seenak buatan saya. Ayok dicoba lagi Drey, jangan patah semangat😉

Sup Tomat (Tomato Soup)

Bahan-bahan:

  • 4 buah tomat
  • 2 sdm tomat puree (saya pakai Ayam Brand Tomato Puree)
  • Tomato sauce
  • 1 siung bawang bombay, cincang halus.
  • 4 siung bawang putih (sebetulnya 2 siung saja sudah cukup, but i like it more :D), cincang halus.
  • Smoked beef, potong kotak
  • Artificial crab stick, potong bundar.
  • 3 cups kaldu ayam
  • Cream cair
  • garam dan merica

Cara membuat:

  1. Rebus tomat sampai gampang dilepas kulitnya. Potong menjadi 12 bagian atau dicincang halus. (bisa juga diblender kalau lebih suka tekstur sup yang lembut).

  2. Tumis smoked beef sampai setengah matang lalu angkat. Biarkan minyak bekas menumis tetap di dalam wajan.
  3. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum lalu masukkan kembali smoked beef juga potongan crab stick. Masak sebentar.
  4. Masukkan tomat dan masak hingga tomat sedikit hancur. Masukkan tomat puree dan saus tomat.
  5. Tambahkan kaldu ayam dan masak hingga menggelegak.
  6. Jika sup sudah menggelegak, tambahkan cream cair (sesuai selera) sambil terus diaduk hingga cream cair tercampur merata dengan sup.
  7. Angkat dan sajikan selagi hangat. Enak juga dimakan dengan croutons atau garlic bread.

Gampang banget kan bikinnya? Kapan-kapan mau bikin yang pake puff pastry kayak di pizza hut ah. I wonder why Pizza Hut don’t provide this menu anymore? apa jarang banget ada yang mesen ya? padahal enak banget loh..

Good luck in the kitchen, especially you Audrey😀

Bee


Leave a Reply

