Ayam Bumbu Kuning

Well just a little announcement, sejak tanggal 3 Maret yang lalu status saya sudah berganti menjadi istri dari Mr. Reza Ihsan yang dulu adalah pacar saya😀 Dan post ini hadir karena suatu siang ketika sedang menginap di rumah mertua, saya melihat mbak Acih memasak masakan ini dan langsung ingin mencobanya di rumah. Saya nggak sempet tanya-tanya resepnya sama mbak Acih, jadilah saya bertanya pada sahabat karib oom google; paman youtube.

So, here goes the recipee (based on this recipee)

Ayam Bumbu Kuning (Chicken With Yellow Herbs)

Bahan-bahan

1 ekor ayam (atau bagian paha saja)

1 butir tomat (potong menjadi 8 bagian)

1 cup daun kemangi (buang batangnya)

Lengkuas

Cabe kering / cabe rawit

2 lembar daun salam

1/2 cup air

minyak secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

3 siung bawang putih

1/2 siung bawang bombay

3 butir kemiri

1/2 tsp kunyit bubuk

1 cabe merah

Jahe

garam

Cara Membuat:

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai berbau harum lalu sisihkan.
  2. Masukkan ayam ke dalam wajan dan masukkan bumbu halus yang sudah ditumis hingga harum tadi. Masak sebentar hingga bumbu terlihat berbaur dengan ayam.
  3. Tambahkan 1/2 cup air dan diamkan sejenak. Setelah itu masukkan 2 lembar daun salam dan lengkuas.
  4. Tambahkan tomat dan cabai kering / rawit. Masak hingga kurang lebih 20 menit (if your mom is a healthy freak like mine, yang nggak mau masak pakai ayam broiler, cuma mau pakai ayam kampung, tambahkan waktu memasak ini 10 sampai 15 menit).
  5. Setelah ayam terlihat matang dan bumbu semakin sat, masukkan daun kemangi dan aduk hingga daun layu. Matikan api.
  6. Et voila, sajikan😉
Gampang banget ternyata bikinnya. Sebenarnya hari ini adalah percobaan pertama saya membuat menu ini. Masih banyak hal yang harus diperhatikan, seperti: 
  • Jangan sampai kebanyakan menambahkan bubuk kunyit di bumbu halusnya.
  • Jangan tergoda untuk terus menambahkan air, karena daging ayam juga akan mengeluarkan air dan minyak.
  • Jangan terlalu banyak menambahkan cabe rawit, kalau nggak nanti suami bisa mencri-mencri.

Overall saya puas dengan hasilnya. Kata ande (ibu) saya, kayaknya ini enak juga kalau ayamnya dibakar lagi. Hmm.. patut dicoba😉

Goodluck all in the kitchen.

UniBee

Leave a Reply

