Sambal Goreng Hati

 

voila!! angkat dan sajikan hangat

Ini dia nih resep favourite keluarga saya belakangan ini. Biasanya saya jarang sekali tertarik masak makanan Indonesia yang bersanten. Pasalnya bahan yang diperlukan biasanya buanyak dan ribet. Tapi waktu ditinggal ande umroh beberapa saat yang lalu, otomatis saya dong yang jadi juru masak (setiap harinya) di rumah. Bapak saya bukanlah penggemar masakan-masakan simple yang saya biasa buat. Sebagai Padang sejati kayaknya bapak nggak bisa hidup tanpa cabe dan santan. Ya sudah browsinglah saya masakan-masakan bersantan, dan resep ini yang paling menarik perhatian saya. Saya sudah lupa dapat resepnya dari mana, jadi mohon maaf ya untuk ibu yang resepnya saya tiru ini, saya nggak bisa cantumin link ibu di sini😀

Here goes the recipee:

Sambal Goreng Hati

Bahan:

  • 250 gr hati dan rempela ayam (boleh pakai hati sapi juga)
  • 250 gr kentang (potong dadu dan goreng setengah matang)
  • 50 gr kapri (optional, saya nggak pakai)
  • 5 buah cabai merah besar (haluskan)
  • 2 siung bawang putih (haluskan)
  • 8 siung bawang merah (iris tipis)
  • 2 uah cabai merah besar (buang bijinya, lalu iris tipis)
  • 1 ruas lengkuas (memarkan)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai (memarkan)
  • 1 sdt garam
  • 200 ml santan (saya pakai kara)

Cara membuat

  1. Tumis bawang merah iris hingga layu, masukkan cabai dan bawang putih halus. Tumis hingga wangi.
  2. Masukkan daun salam, lengkus, dan serai. Aduk rata.
  3. Masukkan hati, aduk dan masak sampai hati berubah warna dan matang. Tuangi santan dan biarkan mendidih.
  4. Masukkan kentang dan cabe iris. Aduk rata.
  5. Angkat dan sajikan.

PENGAKUAN saya baru bisa membedakan mana yang lengkuas dan mana yang jahe setelah membuat masakan ini ehehehehe..:P jadi ya sodara sodara jahe itu warnanya putih, sedangkan lengkuas cenderung pink. Sekian.

UniBee

*simak slide show pembuatannya di bawah

This slideshow requires JavaScript.

Leave a Reply

