Salmon Misoshiru

Terinspirasi dari salmon belly misoshirunya Sushi Tei, karena merasa pernah beli bumbu misoshiru sachet beberapa waktu yang lalu dan masih belum dikaryakan, akhirnya belilah bahan-bahan lainnya.

Masaknya gampang, tinggal cemplung-cemplung bahan, truss rebus sampai mendidih. All of the ingredients provide a rich taste it self.

image

Salmon misoshiru in the making

Salmon Misoshiru
(Porsi 2 orang)

Bahan:
1/2 slice salmon fillet (potong2 bite size, sesuai keinginan)
Jamur enoki
Jamur shimeji
1/2 bagian tahu sutra (potong 2 atau 4)
1 sdt miso
2,5 cups air matang
1 sdm kaldu ayam tanpa garam (saya pakai kaldu sultana yang non msg)
1 batang daun bawang (bagian putihnya saja) potong serong
1 batang seledri
Gula dan garam

Cara membuat:
1. Rebus kaldu ayam dan miso dengan air sampai mendidih.
2. Masukkan salmon, jamur, daun bawang dan seledri. Masak sampai salmon matang dan seledri layu.

image

Tampilan setelah matang, kuahnya terlihat lebih rich

Selamat mencoba :)

Unibee

Mie Ayam Jamur

Saya adalah penggemar fanatik mie mie n. Dari mie ayam sampai mie instant juga saya doyan banget. Tapi belakangan karena hamil, saya membatasi diri untuk nggak makan mie instant dulu (meski kadang suka bandel juga sih hehe :D). Dan sejak awal hamil pun, saya sudah kepingin banget masak mie ayam jamur ini. Karena dengan bikin sendiri kan kualitas dan higienisnya pasti terjaga yah. Dan dari perjalanan hamil memasuki bulan ke 7 ini, saya baru sempat masak mie ayam jamur, kemarin hehe… :D

Saya dapat resepnya dari flamingpot.com of all recipes i got from the internet, resep dari blog ini paling menggugah selera saya. Ini dia resep dari flamingpot yang saya sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.

Mie Ayam Jamur (Chicken and Mushroom noodle)

mie ayam jamur

Bahan untuk kuah (kaldu) ayam
Tulang dari 1 ekor ayam (biasanya dijual di supermarket besar)
3 cm jahe, diiris.
4 siung bawang putih, digeprek.
3 liter air
2 batang daun bawang, diiris.
1 blok kaldu ayam
Garam dan merica secukupnya.

Bahan untuk tumis ayam dan jamur
100 gr dada ayam dipotong kecil-kecil (sesuai selera)
200 gr jamur (saya pakai jamur kering yang sudah direndam air panas hingga lembut, lalu potong kecil)
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram (kemarin saya kehabisan saus tiram akhirnya pake saus teriyaki, taste good as well :))
1 sdm kecap inggris
100 ml air
4 siung bawang putih, dicincang halus
2 cm jahe, diiris.
garam dan merica secukupnya
minyak sayur dan minyak wijen (untuk menumis)

Bahan minyak untuk mie
Kecap asin
Minyak kulit ayam (dibuat dari kulit ayam yang digoreng di minyak sayur, hingga hasil minyaknya akan beraroma ayam)
Kecap ikan

Cara membuat kaldu ayam

  1. Masukkan tulang ayam dan 3 liter air. Rebus di air mendidih.
  2. Tambahkan bawang putih, jahe, dan daun bawang.
  3. Saat air sudah menggelegak, kecilkan api dan lanjutkan merebus (simmer) selama 30 menit.
  4. Jika ingin menambahkan baso, bisa masukkan baso ketika proses simmering.
  5. Matikan api dan sisihkan.

Cara membuat tumis ayam dan jamur:

  1. Campur kecap asin, kecap manis, saus tiram, kecap inggris, dan air di dalam mangkuk. Aduk hingga merata lalu sisihkan.
  2. Panaskan minyak sayur dan minyak wijen di wajan. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan ayam dan masak hingga ayam berubah warn, lalu masukkan jamur.
  3. Tambahkan campuran kecap, merica, dan garam. Masak hingga saus kecap sat (meresap ke ayam dan jamur).

mie ayam jamur with baso

Penyajian:

  1. Rebus mie telur atau mie keriting hingga aldente, lalu tiriskan airnya. Campurkan mie dengan kecap asin, kecap ikan, dan minyak kulit ayam.
  2. Sajikan mie di dalam mangkuk, lalu tambahkan tumis ayam dan jamur.
  3. Sajikan dengan sawi rebus dan pangsit goreng.
  4. Sajikan kuah ayam dan bakso di mangkuk terpisah.

Bon Appetite. Goodluck in the kitchen ;)

UniBee

Baked Dori Fish

Saya sukaaaa banget ikan dori. Setiap ke supermarket dan mampir ke bagian ikan pasti bawaannya pengen beli dori. Kayak beberapa saat lalu, saya mampir ke Food Hall Senayan City, berharap bisa menemukan test pack (unfortunately they don’t sale it there :D), malah end up keluar kasir dengan ikan dori di kantung belanjaan *sigh*. I bought the frozen one, dan itu ya.. lamaaaa banget untuk defrosting nya. So, lain kali nggak usah beli yang frozen lagi.

Beberapa hari yang lalu, karena bosan dengan cara masak ikan dori yang biasa saya lakukan (fish and chips way, i mean), akhirnya bertanyalah saya pada pacarnya mbah Gugel, Eyang Youtube. Di Channel My Recipes TV, saya menemukan resep ini pada playlist “Dinner Tonight”. Resep baked fish nya looks yummo dan gampang banget dibikinnya.

So, here goes the recipe.

Baked Dori Fish

Baked Dori Fish

Bahan-Bahan:

  • Ikan John Dori
  • 1 sdm mayonaise
  • 1 sdt lime juice (saya pakai lemon juice)
  • Garlic powder secukupnya
  • merica secukupnya
  • Bread crumb (untuk ditaburkan di atas ikan)
  • 1 sdm butter (lelehkan)

Cara Membuat:

  1. Potong Ikan dori menjadi dua bagian dan susun di baking dish.
  2. Membuat creamy sauce: campur mayonaise, lemon juice, garlic powder, dan merica sampai merata.
  3. Oleskan creamy sauce di sekujur ikan dori.
  4. Taburkan bread crumb di atas ikan yang sudah dilumuri saus.
  5. Tuangkan melted butter secara merata di atas bread crumb.
  6. Panggang ikan dori di dalam oven selama kurang lebih 20 menit atau sampai ikan matang dan mudah untuk dikelupas.
  7. Angkat dan sajikan hangat.

Baked dori fish with creamy mushroom sauce

Dan, beginilah cara saya menghidangkan dori fish panggang kemarin. Dengan kentang goreng (i know this is not good for my health, but GOSH i cannot resist shoestring :|). Dan mushroom sauce! saya kemarin sempat terbayang-bayang mushroom sauce yang saya makan di Karnivor Bandung, itu yah yummooo banget. I actually wanted to make something like that, but i end up with this creamy sauce. It taste OK, but not as i expected. Basically itu hanya jamur champignon saya iris tipis, truss ditumis sampai layu. Setelah itu ditumis lagi pakai bawang putih, bawang bombai, saus inggris (winchester sauce), dan cream cair. Tambahkan sedikit air kalau saus nya terlalu creamy. Lengkapi dengan merica dan garam. There you go, a creamy mushroom sauce. I will update this sauce once i suceed making a perfect one.

Have fun in the kitchen ;)

_Unibee

 

 

 

Chicken and Shrimp Siomay

Saya suka sekali siomay. Setiap ke pesta nikahan, gubukan pertama yang saya cari pasti siomay (kalau suami pasti kambing guling :P). Sudah lama rasanya punya niatan untuk mencoba masak siomay, tapi ya dasar males udah ngebayangin ribetnya bikin adonan, bungkus-bungkus trus ngukus, jadinya pending-pending aja terus. Tapi kemarin kok ya ndilalah lagi pengen bikin, truss bahan-bahannya pas banget lengkap ada di rumah, truss lagi merasa rajin banget pula. Ya sudah mulai deh tuh diseriusin browsing resepnya dan mendapatkannya di youtube. Yang saya ambil adalah resep dari acara Masterclass, Masterchef Indonesia tahun lalu. Edisi menu buka puasa. Yang memandu acara adalah Chef Juna dan salah satu kontestan yang kalau nggak salah namanya Prisil (atau Pricile?).

Ini dia resepnya..

Chicken and Shrimp Siomay

Chicken and shrimp siomay a la Unibee

Bahan-bahan:

(untuk siomay)

  • 250 gr daging ayam giling
  • 100 gr daging udang cincang (kalau saya kemarin saya giling juga)
  • 5 sdm tepung kanji/sagu/tapioka
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula
  • 1 butir telur
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 batang daun bawang (iris tipis)
  • 20 kulit pangsit
  • 1/3 batang wortel (diparut)

(Untuk saus kacang)

  • 150 gr kacang tanah goreng
  • 10 buah cabai merah
  • 1 sdm ebi udang kering
  • 4 siung bawang putih
  • 4 lembar daun jeruk
  • Gula merah secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

(siomay)

  1. Rebus air pada panci kukusan dengan api sedang. Jangan lupa bungkus tutup panci dengan kain dapur, supaya air dari uap panasnya nggak menetes ke siomay.
  2. Di dalam mangkuk besar, campur semua bahan menjadi satu lalu aduk dengan tangan sampai tercampur rata. Sudah tidak terlihat lagi tepung yang belum tercampur dengan adonan.
  3. Siapkan kulit lumpia yang sudah jadi (saya memakai merk Finna yang dibeli di supermarket). Usahakan pakai kulit lumpia yang berbentuk kotak.
  4. Pisahkan lembaran kulit lumpia tersebut satu per satu.
  5. Bungkus adonan siomay dengan kulit lumpia sesuai dengan selera. Bisa juga dibungkus berbentuk wonton untuk nantinya digoreng.
  6. Susun adonan siomay yang sudah dibungkus dengan kulit lumpia pada kukusan (yang airnya sudah panas) dan kukus selama kurang lebih 30 menit sampai siomay matang dan kulit lumpia terlihat berubah warna.
  7. Sajikan hangat.
  8. Sebenarnya setelah proses tersebut, jika ingin kamu bisa menggorengnya kembali hingga kulitnya menjadi crispy. I like it more this way ;)

(Untuk kuah kacang)

*Saya belum mencoba membuat resep kuah kacang ini, kemarin untuk kuahnya saya pakai sambal pecel yang dibeli jadi. Di bawah ini adalah cara membuat yang kemarin saya lihat di youtube.

  1. Masukkan semua bahan di blender dan blend sampai kacang jadi halus dan semuanya tercampur rata.
  2. Masak adonan kuah ini sebentar hingga rasanya tidak seperti kuah karedok (kalau kata chef Juna)
  3. Sajikan bersama siomay.

The recipe was really worth the try. Rasa siomaynya enak sekali, keluarga saya suka semua. Pesan dari saya, turuti semua takaran yang tercantum di atas, kalau tidak nanti tekstur siomaynya jadi keras.

Have fun in the kitchen ;)

Unibee

Choco Brownie

I can’t believe i never post this recipe here. Saya udah lama banget memakai resep ini setiap  bikin brownie dan semua orang suka sama brownie ini. So once again, i can’t believe i never post this recipe here.

Resep ini sudah lama sekali saya dapatkan, dan beneran lupa dulu ngambil dari mana. Yang pasti saya googling, truss dapet resep brownie cupcake. I never made it as a cupcake though. Ibu yang resepnya saya contek ini, maaf ya saya nggak cantumin link asli ibu, saya beneran lupa banget. Saya cuma mau berbagi, hehehe :D

Choco Brownie

Bahan-bahan:

  • 75 gr butter (unsalted)
  • 250 gr dark chocolate
  • 1 cup gula pasir
  • 3/4 cup tepung terigu
  • 1/8 sdt soda kue
  • 1/4 cup cocoa powder
  • 3 butir telur
  • kacang kenari (sesuai selera)
  • Kacang almond (yang sudah diiris tipis)

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven
  2. Lelehkan cokelat dan butter. Bisa dengan double boiler atau lelehkan di microwave. Potong coklat dan butter menjadi potongan kecil lalu letakkan di mangkuk (microwave save), dengan begini coklat dan butter akan mudah meleleh. Lelehkan selama kurang lebih 5 menit, lalu aduk sampai coklat dan butter tercampur rata.
  3. Kocok telur dan gula pasir sampai merata (gunakan whisker biasa, tak perlu menggunakan mixer).
  4. Masukkan terigu, cocoa powder, dan soda kue. Aduk kembali sampai semua adonan tercampur.
  5. Masukkan adonan coklat dan butter, lalu tambahkan kacang kenari (yang sudah disangrai terlebih dahulu). Aduk.
  6. Olesi loyang dengan butter, lalu taburi tepung terigu. FYI, saya memakai loyang ukuran 30x10x4 cm.
  7. Tuang seluruh adonan ke dalam loyang, lalu taburi kacang almond di atasnya.
  8. Panggang selama kurang lebih 30 menit.
  9. Angkat dan sajikan.

Sebagai kakak yang sangat hobi memasak, saya biasa membuatkan masakan-masakan tertentu untuk adik-adik saya yang berulang tahun. Tanggal 22 Juni kemarin adik kedua saya berulang tahun, disusul oleh si bungsu di tanggal 4 Juli. Today i made this brownie for them. This time i’m gonna try serving it with vanilla ice cream. It’s gonna be beyond yummo :9

Have fun in the kitchen ;)

Unibee

Desperate Quesadilla

So, why am i calling it a desperate quesadilla? yeaaa it’s just because when i made this dish, all i use is pretty much everything i can find on my hubby’s family refrigerator. I am despreatly in need of a proper ingredients. But I manage to make it just near the real quesadilla. Hoho :P

I called these a desperate ingredients haha!

Picture #1: Is a paratha bread we found the other day on Farmers Market. So my dad in law said that he bought this kind of bread way back then and forgotten about it ever since. Well i knew that bread, i put it out from the fridge the other day and found it already rotten. So all i do is cut every piece of bread that contains rotten material (such as a green fungi) with a scissor, then cook the rest with butter. Err.. it taste not that good and fortunately my father in law did not taste it. Therefore i bought it again and use it as a tortilla.

Picture #2: So i watch this cooking video on youtube from Danispies channel. She made a brocolli and chicken quesadilla that looks delicious and healthy. I did not find a brocoli on the fridge so i use this lettuce instead.

Picture #3: It’s a mushroom and chicken mixture that i made using an onion, chicken, champignon mushroom, and green yellow and red paprica.

Picture #4: It is actually a sheet cheddar cheese that i cut julienne, because i don’t have a shredded cheddar cheese :D

So, there you go the desperate ingredients i use today. Hopefully one day i’ll find all the proper ingredients especially for the tortilla, because believe me it needs extra care to handle a paratha bread.

Recipe for a mixture from picture #3:

(I don’t really measure anything, so it is really based on how much quasedilla you want to make)

  1. Boneless, skinless chicken breast (i use only half of chicken breast): cut into a medium stripes and then cook it with a little olive oil just until the meat turn white. Let it chill for a while and then tear it into small pieces. Or you can cut it little cube size instead.
  2. 1 medium size white onion: slice it and then seperate it layer by layer until it form an onion ring circle. Sautee it with a little olive oil (or in my case the oil i use from cooking the chicken) until the color turn brown.
  3. Champignon Mushroom: or you can use any mushroom that you like. Slice it fine and then sautee it with olive oil. Remove the excess oil and let it cook until the colour brown and shrink in size.
  4. Yellow, green, and red paprica: Cut it into medium size cubes and set aside.
  5. Sautee all ingredients until the paprica is softened. Add salt, pepper, and garlic salt. Set aside.

And this is how i made the quesadilla:

nice and crispy on the outside, gooey on the inside

  1. Prepare the unstick skillet you have and pour a little olive oil in it.
  2. I take one slice of paratha bread. If you are using the same brand as mine, i recomend you to put the bread on the freezer so you can easily seperate the dough from the wrapper.
  3. Unwrap the dough and put it in the skillet. Wait for about 1 minute until the dough is changing in colour. Flip the dough and do the same to the other side.
  4. At this point you can add your cheese and then layer it with chicken mixture, and then layer it with the lettuce and  top it with the cheese. Do this only on the half of the dough.
  5. Cook it for a while, and then turn the other dough that did not have a mixture in it to cover the mixture. Put heavy things on top of the quesadilla to make it thinner.
  6. Flip the quesadilla over and cook until the dough is crispy.
  7. Set the quesadilla aside and cut it into three triangle.
  8. Serve it with plain yoghurt that already mixed with a chilli sauce or sambal oeloek. (you can use sour cream instead of plain yoghurt, but i dont recomend mayonaise).

You can also serve it with home made salsa. But i havent made any salsa before, so i dont want to risk it this time :P Well, i love this recipee so much, it is just like what i imagine when i saw it on youtube. As for my hubby, he seems enjoyed it also, hopefully my in laws also like it. Cross fingers.

Have fun in the kitchen ;)

Unibee

Steamed Chicken Rice

Pertama kali lihat resep ini di youtube Maangchi saya langsung jatuh hati. Indra penciuman dan perasa saya seolah menangkap aroma dan rasa yang disajikan teman Maangchi dari Singapore itu. Saya sempat mencoba resep tersebut dengan patuh pada semua bahan-bahan yang dicantumkan di blog. Namun ada beberapa hal yang saya kurang suka, maka pada percobaan kedua ini saya eliminasi beberapa bahan dan hasilnya, I LOVE IT! IT WAS SO GOD *kalo kata Sophia Grace*

Anyway.. here goes the recipee..

Steamed Chicken Rice

Steamed Chicken Rice a la Unibee Kitchen

Bahan untuk ayam dengan rendaman:

  • Ayam (saya pakai chicken wings, beli satu paket di bellmart)
  • 1,5 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm kecap inggris
  • 1 cubitan merica
  • Rendam semua bahan 3-6 jam. Lebih baik lagi kalau direndam semalaman.
Bahan lainnya:
  •  5-8 jamur shiitake kering, rendam dalam air panas selama kurang lebih 30 menit hingga jamur lembut, lalu potong kotak kecil.
  • 2 sdm air rendaman jamur.
  • 2 cup kol yang sudah diiris tipis.
  • 1 ruas jari jahe
  • 4 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 sdm kaldu ayam gell.
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 cups beras dengan butiran panjang (saya pakai beras rojolele).
  • Garam secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Pada wajan besar (wok) panaskan 2 sdm minyak goreng. Masukkan jahe, lalu bawang putih. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan ayam yang sudah di-marinate, bersama dengan saus rendaman. Masak hingga ayam berubah warna.
  3. Tambahkan jamur dan kol. Masak hingga kol sedikit layu.
  4. Masukkan beras dan air rendaman jamur. Aduk hingga semua bahan tercampur. Matikan api.
  5. Pindahkan semua bahan (yang ditumis di wok) ke dalam rice cooker. Tambahkan 2,5 cups air mentah dan kaldu ayam gell. Tambahkan kecap asin dan garam untuk rasa.
  6. Masak hingga nasi matang. Angkat dan sajikan dengan telur rebus atau telur asin.

Made this for break fasting, saya sampai nambah dua kali. Besok harinya saya bawa ke sekolah buat makan siang, salah satu teman suka banget sampai nggak selera sama makan siangnya saat itu. :P

Read the original recipee here and watch the tutorial here.